Manajemen Lingkungan Terminal
Menurut Yong Puah Kok (2007), agar proses manajemen mampu memberikan layanan yang memuaskan, maka bentuk proses manajemen terminal dan organisasinya dapat dijalankan. Untuk mengukur / mengevaluasi kemampuan manajemen terminal, mengantisipasi perkembangan dan kebutuhan masa depan digunakanlah indikator-indikator sebagai berikut (TIPS, USAID, 2001).
1. Proses Manajemen Terminal dilihat dari Indikator
Manajemen terminal dilihat dari aspek prosesnya berkaitan dengan kegiatan yang hasilnya tidak Nampak, kegiatan “soft activity” ini diukur dengan indikator :
Menurut Yong Puah Kok (2007), agar proses manajemen mampu memberikan layanan yang memuaskan, maka bentuk proses manajemen terminal dan organisasinya dapat dijalankan. Untuk mengukur / mengevaluasi kemampuan manajemen terminal, mengantisipasi perkembangan dan kebutuhan masa depan digunakanlah indikator-indikator sebagai berikut (TIPS, USAID, 2001).
1. Proses Manajemen Terminal dilihat dari Indikator
Manajemen terminal dilihat dari aspek prosesnya berkaitan dengan kegiatan yang hasilnya tidak Nampak, kegiatan “soft activity” ini diukur dengan indikator :
- Sistem administrasi dan prosedur pengendalian kegiatan terminal.
- Sistem pengendalian keuangan : perencanaan anggaran – belanja dan pertanggungjawaban kegiatan operasi dan investasi.
- Manajemen terminal dan manajemen sumber daya manusia yang meliputi rekrutmen, penugasan, dan wewenang.
- Manajemen sumber daya lainnya yang meliputi : pengendalian dan perawatan infrastruktur, peralatan pengaturan lalu-lintas.
2. Proses Manajemen Terminal dilihat dari Indikator
Manajemen terminal dilihat dari aspek prosesnya berkaitan dengan kegiatan yang hasilnya tidak Nampak, kegiatan “soft activity” ini diukur dengan indikator :
- Sistem administrasi dan prosedur pengendalian kegiatan terminal.
- Sistem pengendalian keuangan : perencanaan anggaran – belanja dan pertanggungjawaban kegiatan operasi dan investasi.
- Manajemen terminal dan manajemen sumber daya manusia yang meliputi rekrutmen, penugasan, dan wewenang.
- Manajemen sumber daya lainnya yang meliputi : pengendalian dan perawatan infrastruktur, peralatan pengaturan lalu-lintas.
3. Fungsi teknis dan program manajemen terminal mencerminkan implementasi dari fungsi sebuah terminal pada kegiatan transit.
Yang mencakup : perencanaan, pelaksanaan, pengendalian dan monitoring.
- Sistem layanan dan delivery, meliputi pelaksanaan operasi dalam terminal pada berbagai bidang.
- Sistem pemanfaatan dan pengembangan infrastruktur fisik terminal, pemanfaatan keahlian dan keterampilan sumber daya manusia.
- Sistem penyusunan anggaran dan pelaporan.
- Sistem monitoring dan evaluasi.
- Struktur dan Budaya Organisasi.
- Sistem budaya organisasi dan layanan yang dianut.
- Visi dan misi
- Kemampuan dan gaya kepemimpinan.
- Pendekatan tata kelola (governance approach)
- Koordinasi dan relasi dengan berbagai instansi.
- Sumber Daya Pengelolaan Terminal.
- Sumber daya manusia.
- Sumber dana.
- Sumber daya lainnya.