Hubungan Lingkungan Hidup

Written By Lencir Kuning on Saturday, November 1, 2014 | 7:20 AM

Hubungan Timbal Balik Lingkungan Hidup

Lingkungan hidup ialah jumlah semua benda yang hidup dan tidak hidup serta kondisi yang ada dalam ruang yang kita tempati. Manusia di sekitar kita merupakan bagian lingkungan hidup kita masing - masing. Oleh karena itu kelakuan manusia, dan dengan demikian kondisi sosial, merupakan pula unsur lingkungan hidup kita. Antara manusia dan lingkungan hidupnya terhadap hubungan timbal balik.

Manusia mempengaruhi lingkungan hidupnya, dan sebaliknya manusia dipengaruhi oleh lingkungan hidupnya. Manusia ada di dalam lingkungan hidupnya dan ia tidak dapat terpisahkan daripadanya. Eksistensinya terjadi sebagian karena sifat - sifat keturunan-nya dan sebagian lagi karena lingkungan hidupnya. Interaksi antara dirinya dengan lingkungan hidupnya telah membentuk ia seperti dia adanya. Demikianlah pula lingkungan hidup terbentuk oleh adanya interaksi antara lingkungan hidup dengan manusia.

Antara manusia dan lingkungan hidupnya terdapat hubungan yang dinamis. Perubahan dalam lingkungan hidup akan menyebabkan kondisi yang baru. Perubahan dalam kelakuan manusia ini selanjutnya akan menyebabkan pula perubahan dalam lingkungan hidup. Dengan adanya hubungan dinamis sirkuler antara manusia dan lingkungan hidupnya itu, dapatlah dikatakan "Hanya dalam lingkungan hidup dengan manusia dapat berkembang secara maksimal, dan hanya dengan manusia yang baik lingkungan hidup dapat berkembang ke arah yang optimal". Karena itu jelaslah betapa pentingnya pembinaan lingkungan hidup.

Berlangganan Artikel Kesmas Disini

 
berita unik