Sejarah Kesehatan Lingkungan

Written By Lumajangtopic on Wednesday, November 18, 2015 | 10:37 PM

Semenjak umat manusia menghuni planet ini, sebenarnya mereka sudah seringkali menghadapi masalah - masalah kesehatan serta bahaya kematian yang disebabkan oleh faktor - faktor lingkungan hidup yang ada disekeliling mereka seperti benda mati, makhluk hidup, adat istiadat, kebiasaan dan lain - lain.

Namun, karena keterbatasan ilmu pengetahuan mereka pada saat itu, setiap kejadian yang luar biasa dalam kehidupan mereka selalu diasosiasikan dengan hal - hal yang bersifat mistik. Contoh, wabah penyakit sampah yang berjangkit di suatu tempat dianggap sebagai kutukan dan kemarahan dewa. Masa silih berganti, pada abad ke - 19 terjadi revolusi industri di Inggris. Era industrialisasi ini menimbulkan masalah baru pada masyarakat Inggris berupa munculnya daerah pemukiman kumuh, akumulasi buangan dan kotoran manusia, masalah sosial dan kesehatan, yang terutama terjadi di kota - kota besar.

Pada Tahun 1832, terjadi wabah penyakit kolera yang dahsyat di Inggris dan membawa banyak korban jiwa manusia. John Snow (1854) melakukan penelitian epidemiologi terhadap wabah kolera yang terjadi di Broad Street, London, dan membuktikan bahwa penularan penyakit kolera yang terjadi di Inggris pada saat itu disebabkan oleh pencemaran Vibrio Cholerae pada sumber air bersih yang dikonsumsi oleh masyarakat. Sejak saat itu, konsep pemikiran mengenai faktor - faktor lingkungan hidup eksternal manusia yang mempunyai pengaruh, baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap masalah kesehatan terus menerus dipelajari dan berkembang menjadi suatu disiplin ilmu yang disebut sebagai Ilmu Kesehatan Lingkungan atau Environmental Health.

Usaha - usaha yang dilakukan oleh individu - individu, masyarakat, atau negara untuk memperbaiki dan mencegah terjadinya masalah gangguan kesehatan yang disebabakan oleh faktor - faktor lingkungan hidup eksternal manusia disebut Sanitasi Lingkungan atau Environmental Sanitation
 
berita unik