Definisi Lingkungan Hidup

Written By Lencir Kuning on Thursday, December 17, 2015 | 12:52 AM

Macam dan Definisi Lingkungan Hidup

Terdapat dua macam Lingkungan Hidup, yaitu Lingkungan Hidup Biosfer dan Lingkungan Hidup Buatan.Lingkungan. Biosfer merupakan lingkungan yang diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa, yang terdiri dari Lingkungan Manusia, Hewan dan Tumbuhan. Sementara Lingkungan Manusia terdiri dari Lingkungan Fisik, Lingkungan Biologis dan Lingkungan Sosial.

Lingkungan Hidup Buatan adalah Suatu keadaan atau Lingkungan yang dibuat berdasarkan hobby atau kesenangan atau profesi .

Adapun yang dimaksud dengan Lingkungan Hidup Fisik adalah Segala sesuatu disekitar kita yang berbentuk benda mati., sedangkan  Lingkungan Hidup Biologis adalah segala Sesuatu yang berada disekitar manusia, yang berupa organisme hidup lainnya,selain dari manusia itu sendiri, sedang yang dimaksud dengan Lingkungan Hidup Sosial adalah manusia –manusia lain yang berada disekitar kita.                                                                                                           

Definisi Lingkungan Hidup
  1. Prof.Emil Salim : Sebagai suatu benda,kondisi,keadaan dan pengaruh yang terdapat dalam ruangan yang kita tempati dan mempengaruhi hal yang hidup termasuk kehidupan manusia
  2. Prof.Munajat Danusaputro,SH  : Segala benda dan daya serta kondisi,termasuk di dalamnya manusia dan tingkah perbuatannya,yang terdapat dalam ruang dimana manusia berada dan mempengaruhi kelangsungan hidup serta kesejahteraan manusia dan  jasad-jasad hidup lainnya
  3. Prof.Otto Soemarwoto : Jumlah semua benda,kondisi yang ada dalam ruang yang kita tempati yang  mempengaruhi kehidupan kita.
  4. Kesatuan dengan Semua benda,daya keadaan dan Mahluk hidup termasuk di dalamnya manusia dan perilakunya yang mempengaruhi kelangsungaan peri kehidupan dan kesejahteraan manusia serta mahluk hidup lainny (UU Lingkungan Hidup)
  5. Kesatuan ruang dengan semua benda,daya keadaan dan Mahluk hidup ,termasuk di dalamnya manusia dan perilakunya yang mempengaruhi kelangsungaan perikehidupaan dan kesejahteraan manusia serta Mahluk hidup lainnya .

Berlangganan Artikel Kesmas Disini

 
berita unik