Perbaikan Kualiltas Lingkungan

Written By Lencir Kuning on Sunday, August 10, 2014 | 7:31 PM

Perbaikan Kualiltas Lingkungan

Konsep kualitas lingkungan hidup sangat erat hubungannya dengan konsep kualitas hidup. Suatu lingkungan hidup yang baik dikatakan mempunyai kualitas yang baik pula dari vice versa. Akan tetapi konsep kualitas hidup tidak mudah untuk didefinisikan. Dalam karangan ini yang dimaksudkan dengan kualitas hidup adalah derajat dipenuhinya kebutuhan dasar manusia. Makin baik kebutuhan dasar itu dapat dipenuhi oleh lingkungan hidup, makin tinggi pula kualitas lingkungan hidup itu. Kebutuhan dasar itu mencakup : 1) kebutuhan konsumsi untuk pribadi dan keluarganya, antara lain pangan, rumah dan pakaian. 2) pelayanan umum yang esensil, antara lain kesehatan, sanitasi, persediaan air minum yang bersih dan pendidikan. 3) partisipasi dalam proses pengambilan keputusan. 4) lapangan perkerjaan baik sebagai sumber pendapatan bagi dirinya dan keluarganya maupun untuk martabat kemanusiaanya. Dan 5) terjaminnya hak - hak asasi manusia.

Kebutuhan dasar manusia tidaklah tetap, melainkan berubah - ubah menurut umur, waktu dan kebudayaan. Kecuali itu pilihan juga merupakan unsur penting dalam kebutuhan dasar manusia. Misalnya seseorang yang mendapat cukup pangan menurut gizi, tetapi ia tidak mempunyai pilihan tentang jenis dan rasanya pangan itu, ia pun tidak merasa bahagia dan merasa bahwa kebutuhan dasarnya belum tercukupi. Untuk dapat mengadakan pilihan, sudah barang tentu haruslah ada keanekaan. Karena itu keanekaan merupakan unsur penting yang menentukan kualitas lingkungan hidup kita. Keanekaan juga dapat menjamin terpenuhinya kebutuhan kita di kemudian hari, apabila timbul kebutuhan baru. Di samping itu keanekaan juga memungkinkan terjadinya evaluasi dan dengan demikian kemajuan.

Akhir - akhir ini banyak diperbincangkan tentang masalah lingkungan, antara lain pencemaran oleh industri, pestisida dan alat transportasi dan erosi, banjir dan kekeringan karena penebangan hutan. Karena masalah - masalah tersebut umum banyak yang menganggap bahwa tindakan manusia telah merusak lingkungan hidup, sedangkan segala yang alamiah merupakan lingkungan hidup yang baik. Apabila kita melihat kualitas lingkungan hidup dari segi kebutuhan dasar manusia, akan tampaklah anggapan tersebut tersebut diatas tidaklah selalu benar. Misalnya banyak daerah berawa yang bersifat alamiah merupakan sumber penyakit malaria, sehingga daerah itu mempunyai kualitas lingkungan hidup yang rendah.

Berlangganan Artikel Kesmas Disini

 
berita unik