Sanitasi Pelabuhan

Written By Lencir Kuning on Thursday, December 25, 2014 | 10:03 PM

Sistem Sanitasi Lingkungan Pelabuhan

Sistem sanitasi lingkungan pelabuhan terdiri dari sistem pengelolaan manajemen, pengawasan sanitasi dan pengendalian vektor dan binatang penular penyakit. Perencanaan dan pengembangan sistem sanitaasi lingkungan harus memperhatikan peran dan fungsi yang melekat pada masing-masing lembaga terkait. Pelabuhan secara fisik mempunyai beberapa persyaratan dalam menunjang peran dan fungsinya termasuk persyaratan fasilitas kesehatan lingkungan, melaksanakan peran dan fungsinya sebagai penyehatan lingkungan pelabuhan, dan struktur pelabuhan secara umum. Pengawasan sanitasi dan pengendalian vektor dan binatang penular penyakit dilakukan dengan kegiatan pengamanan terhadap upaya pencegahan penyakit menular dengan cara meniadakan atau menekan sekecil mungkin adanyan faktor lingkungan yang menimbulkan pengaruh buruk di daerah pelabuhan dan di kapal sehingga tidak menjadi sumber penularan penyakit.

Kaitan Sanitasi Lingkungan Pelabuhan dan Eco-port
Eco-port adalah kajian tentang pelabuhan yang memperhatikan aspek-aspek komponen lingkungan. Konsep eco-port: menyebutkan Pelabuhan merupakan salah satu contoh dimana aktifitas manusia dan permasalahan lingkungan seringkali menimbulkan konflik dan selalu menyertai keberadaannya. Konsep dasar eco-port atau grenn port adalah kerangka pengelolaan pelabuhan untuk mencapai keseimbangan antara nilai/ biaya lingkungan dan manfaat ekonomi, sehingga ada harmonisasi aspek komersial/ ekonomi dan lingkungan dalam menunjang pengelolaan yang berkelanjutan.

Pengelolaan pelabuhan harus bisa mengakomodasi aspek lingkungan, harus ada harmonisasi dan sinergisitas dengan aspek sanitasi lingkungan dan aspek sumber daya manusia (SDM) dari instansi terkait di wilayah pelabuhan. Semua langkah, kegiatan dan keadaan itu merupakan indikator kondisi lingkungan dari pembangunan berwawasan lingkungan yang dimulai dari tahap perencanaan, perancangan dan pengoperasian seluruh kegiatan.

Berlangganan Artikel Kesmas Disini

 
berita unik