Asas Pengelolaan Lingkungan

Written By Lencir Kuning on Sunday, December 13, 2015 | 9:54 PM

Berbagai Asas Pengelolaan Lingkungan Hidup

Setiap kegiatan pembangunan ekonomi, selain memberikan manfaat juga mengakibatkan perubahan terhadap kondisi lingkungan hidup dan ketersediaan sumber daya alam. Pengelolaan lingkungan diperlukan antara lain agar pembangunan dapat terlaksana dengan berkelanjutan serta agar lingkungan dapat terus menyediakan sumber daya dan kondisi yang diperlukan oleh makhluk hidup.
Pengelolaan lingkungan hidup bertujuan untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan hidup dalam rangka pembangunan manusia Indonesia seutuhnya dan pembangunan masyarakat Indonesia seluruhnya yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Sedangkan berbagai asas Pengelolaanantara lain:
  1. Asas Kesejahteraan Sosial
  2. Asas Keuntungan Ekonomi
  3. Asas Kelestarian Lingkungan
Berbagai zas Sumber Daya Alam, diantaranya adalah :
  1. Terdapat dua jenis sumber daya alam dasar, yaitu sumber alam yang pengadaannya dapat merangsang pengunaan seterusnya dan yang tak mempunyai daya rangsang penggunaan lebih lanjut. 
  2. Untuk semua katagori sumber daya alam, kalau pengadaannya sudah mencapai optimum, pengaruh unit kenaikannya sering menurun dengan penambahan sumber alam itu sampai ke suatu tingkat maksimum. 
  3. Materi, energi, ruang, waktu, keanekaragaman, semua termasuk katagori sumber alam. 
  4. Semua energi yang memasuki sebuah organisme hidup populasi atau ekosistemdapat dianggap sebagai energi yang tersimpan atau terlepas.
  5. Tidak ada sistem pengubahan energi yang betul-betul efisien. Meskipun energi itu tidak pernah hilang, tetapi energi tersebut akan terus diubah kedalam bentuk yang kurang bermanfaa.

Asas Terkait populasi
  1. Individu dan spesies yang mempunyai lebih banyak keturunan dari pada saingannya, cenderung berhasil mengalahkan saingannya.
  2. Kemantapan keanekaragaman suatu komunitas lebih tinggi di alam yang mudah diramal.
  3. Sebuah habitat dapat jenuh atau oleh keanekaragaman takson, bergantung kepada bagaimana nicia (keadaa lingkungan yang khas) dalam lingkungan hidup itu dapat memisahkan takson tersebut.
  4. Keanekaragaman komunitas apasaja sebandinga dengan biomassa dibagi produktivitas.
  5. Pada lingkungan yang stabil perbandingan antara biomassa dengan produktivitas dalam perjalanan waktuanik mencapai sebuah asimtot.
  6. Sistem yang sudah mantap (dewasa) mengeksplotasi sistemyang belum mantap (belum dewasa).
  7. Kesempurnaan adaptasi suatu sifat atau tabiat bergantung kepada kepentingan relatifnya di dalam keadaan suatu lingkungan.
  8. Lingkungan yang secara fisik mantap memungkinkan terjadi penimbunan keanekaragaman biologi dalam ekosistem yang mantap, yang kemudian dapat menggalakkan kemantapan poplasi lebih jauh lagi.
  9. Derajat pola keteraturan turun naiknya populasi bergantung kepada jumlah keturunan dalam sejarah populasi sebelumnya yang nanti akan mempengaruhi populasi itu

Berlangganan Artikel Kesmas Disini

 
berita unik