Prosedur Mitigasi Lingkungan

Written By Lencir Kuning on Thursday, November 15, 2012 | 11:38 PM

Proses dan Prosedur Mitigasi Lingkungan

Mitigasi lingkungan dilakukan melalui serangkaian proses sebagai berikut :

  1. Indentifikasi Dampak Lingkungan : Kegiatan ini dimaksud untuk mengidentifikasikan segenap dampak lingkungan (primer, sekunder, tersier) yang timbul sebagai akibat adanya kegiatan pembangunan kawasan transmigrasi. Identifikasi dampak lingkungan ini dengan menggunakan data sekunder, wawancara maupun pengamatan di lapangan
  2. Evaluasi Dampak Lingkungan ; Kegiatan evaluasi dampak lingkungan ini bertujuan untuk menentukan dampak lingkungan yang relevan untuk segera ditangani.
  3. Perumusan Program : Kegiatan ini dimaksudkan untuk menyusun dan menentukan prioritas program mitigasi lingkungan yang akan dilaksanakan.  
  4. Perumusan Parameter Keberhasilan Program Mitigasi Lingkungan ; Berdasarkan program Mitigasi Lingkungan yang disusun perlu juga dirumuskan suatu parameter keberhasilan yang sangat spesifik di setiap lokasi transmigrasi untuk mempermudah proses evaluasi terhadap pelaksanaan Mitigasi Lingkungan.
  5. Pelaksanaan Mitigasi Lingkungan : Kegiatan ini mencakup aspek teknis dan pengorganisasian pelaksanaan program serta pelaporan. Bagan alir Prosedur Mitigasi Lingkungan seperti terlampir


Berlangganan Artikel Kesmas Disini

 
berita unik